Friday, April 17, 2009

Macgyverism

Istilah Macgyverism memang asing di telinga kita. Kita pasti bertanya-tanya, apa sih Macgyverism itu?

Bagi para pembaca seusia saya mungkin masih ingat serial TV MacGyver yang sangat populer di akhir tahun 1980an. Sang tokoh utama, MacGyver, terkenal dengan kecerdasan dan ide-ide kreatifnya untuk menyelesaikan masalah — mulai dari masalah sehari-hari sampai masalah yang berkaitan dengan keselamatan jiwa. Kreativitas tersebut ditunjukkan dengan menemukan solusi dari benda sehari-hari yang terdapat di sekitar kita, termasuk untuk membuat bom.

Nah, istilah Macgyverism itu penciptaan penemuan atau trik percobaan oleh tokoh film Macgyver yang memanfaatkan barang-barang sederhana untuk membantu dalam memecahkan masalah.

MacGyver tentu saja kisah fiktif, tetapi prinsip kreativitasnya tentu bisa kita terapkan di kehidupan pribadi dan bisnis kita. Sebagai contoh, ketika NASA meluncurkan para astronotnya ke angkasa luar, mereka menemukan bahwa para astronot tersebut tidak bisa memakai pulpen karena tintanya tidak bisa mengalir ke bawah akibat kondisi gravitasi nol. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, NASA menghabiskan waktu 10 tahunan dan USD 12 juta. Mereka mengembangkan sebuah pulpen yang bisa berfungsi dalam gravitasi nol, atas bawah, di bawah laut, di segala jenis permukaan termasuk kristal dan pada segala kondisi temperatur dari titik beku sampai titik didih air. Apa yang akan dilakukan MacGyver? Dia pasti akan melakukan hal yang sama dengan yang dilakukan Uni Soviet. Para kosmonot Uni Soviet menggunakan pensil.


Kemudian ada lagi sebuah cerita dari salah satu perusahaan kosmetik terbesar di Jepang. Perusahaan ini menerima keluhan dari salah satu pelanggan yang membeli sebuah sabun, tetapi menemukan kotak sabun tersebut kosong melompong. Karena kualitas merupakan masalah penting di Jepang, perusahaan segera mencara sebab musababnya. Akhirnya, sumber masalah ditemukan di jalur perakitan. Karena sesuatu alasan, sebuah kotak kosong masuk ke jalur tersebut tanpa terdeteksi. Pihak manajemen langsung meminta para insinyur memecahkan masalah tersebut. Mereka akhirnya menciptakan sebuah alat X-ray untuk melihat semua kotak sabun yang lewat. Alat ini harus dijaga oleh 2 orang yang tentu saja tidak efisien.

Ketika sebuah perusahaan kecil lainnya menghadapi masalah serupa, apa yang mereka lakukan? Lagi-lagi mereka memakai solusi ala MacGyver. Alih-alih mendeteksi dengan alat secanggih X-ray, mereka menggunakan kipas angin besar yang diarahkan ke jalur perakitan. Angin dari kipas tersebut akan menghembuskan kotak kosong keluar dari jalur perakitan. Masalah selesai.

Apa yang bisa kita pelajari dari kedua kisah di atas? Kreativitas dan penyelesaian masalah ternyata tidak harus melibatkan kecanggihan dan dana yang besar. Originalitas ide bisa ditemukan dengan berpikir sesederhana mungkin. Kita memang sering masuk jebakan terlalu berfokus pada masalah dan bukan solusinya. Seperti pada contoh di atas, ketika NASA melakukan framing atas masalah sebagai “menemukan pulpen yang bisa berfungsi pada gravitasi nol,” frame tersebut menyingkirkan alternatif solusi yang tidak melibatkan pulpen. Padahal bila masalah tersebut di-framing ulang sebagai “menemukan alat untuk menulis pada kondisi gravitasi nol,” dengan mudah kita bisa melihat pensil sebagai alternatif yang layak.

Selain masalah framing masalah yang terlalu sempit atau salah, kita juga sering terjebak dalam melihat benda melalui kaca mata forms over functions. Ketika kita melihat sebuah kotak kayu, secara otomatis kita mengasosiasikan benda tersebut sesuai dengan fungsi utamanya, yaitu sebagai tempat penyimpanan barang. Padahal kotak kayu tersebut bisa dipakai untuk berbagai fungsi, antara lain sebagai pengganjal pintu, kursi, tangga, pendobrak pintu, meja piknik, tempat persembunyian, atau malah kanvas untuk melukis.

Berpikir kreatif, karena itu, mengharuskan kita menyadari frame yang kita pakai dalam menilai sebuah masalah dan melihat sesuatu dengan mata anak kecil. MacGyver pasti akan setuju dengan pernyataan tersebut.


Macgyver Trik : Balon udara

Trik berikut yang pernah Macgyver terapkan pada season 1 episode 20 dengan membuat balon udara untuk mengirim pesan kepada temannya saat ia di penjara bisa blogger mania buat dengan sangat mudah, meski tidak seperti buatan Macgyver, balon udaranya dibuat dari kertas koran yang diolesi dengan minyak zaitun. Balon udara kali ini bisa dibuat hanya dari kantong plastik yang diisi dengan udara panas dengan menggunakan pengering rambut, kemudian ikat ujung kantong plastik dengan tali. Lepas kantong plastik yang telah diisi dengan udara panas dari pengering rambut ke udara lepas.

Kantong plastik dan udara panas didalamnya lebih ringan dari udara luar, sehingga kantong plastik melayang di udara.
Trik atau percobaan ini bisa kita manfaatkan untuk pengganti bermain layang-layang.

Macgyver Tip : Botol plastik serbaguna


10 menit memberi makan burung
  1. Buatlah lubang besar dengan diameter 3-4 cm disetiap sisi galon plastik bekas minyak goreng/susu.
  2. Buatlah lubang lagi dibawah lubang besar untuk menancapkan kayu kecil buat pijakan burung.
  3. Buat lubang kecil pada tutup plastik galon dan pasang seutas tali atau kawat.
  4. Isi galon plastik dengan makanan burung dan gantungkan pada pohon.















Menyirami tanaman dengan sendirinya
  1. Potong menjadi 2 bagian sepertiga atas botol bekas air mineral besar.
  2. Potongan botol bagian atas, lubangi tutup botol dan masukkan tali ke lubang.
  3. Tanam tanaman pada potongan bagian atas.
  4. Pada potongan botol kedua, isi dengan air setengah bagian.
  5. Masukkan potongan botol pertama ke dalam potongan botol kedua.
  6. Tali yang menjulur ke dalam air akan menyerap air hingga membasahi tanah.

Macgyver Tip : Kegunaan Dental Floss

Tips Macgyver berikut menjelaskan kegunaan atau manfaat dari Dental Floss atau yang lebih dikenal dengan benang pembersih gigi.

Benang dental floss dapat digunakan untuk mengikat kaki ayam yang dipanggang dalam oven atau microwave.

Memotong kue ulang tahun atau keju. Dengan menggunakan dental floss ini tiap potongannya lebih rapi dibanding menggunakan pisau.

Memperbaiki tenda, jaket atau tas ransel yang sobek. Jahit dengan menggunakan dental floss. Benang dental floss lebih kuat dari benang biasa. Dapat juga digunakan untuk menjahit mantel hujan atau benda-benda lain yang perlu dijahit.

Benang dental floss dapat juga digunakan sebagai tali penggantung frame foto di dinding. Benang dental floss sama kuatnya dengan tali.

Sebagai tali kalung dengan manik-manik yang diselipkan.

Macgyver Trik : Isi ulang aki yang mati


Pernahkah kendaraan mobil atau motor para blogger mengalami mogok karena aki mati ?
Apa yang dilakukan Macgyver jika terjadi hal ini? Cari aja cuka apel atau cuka biasa.

Siapkan saja cuka apel.

Siram ke kutub positif dan negatif pada aki (sebelumnya lepas kabel yang terpasang pada kutub aki).

Tunggu 2 sampai 3 menit.

Nyalakan kembali mesin mobil atau motor blogger mania.

Jangan lupa periksa air aki dan tambahkan jika kurang.
Nah gampang kan...


Cuka apel mengandung asam acid yang tinggi, yang dapat menghasilkan elektron listrik pada aki.


Trik ini sudah aku buktikan pada mobilku. Trik ini juga pernah ada di film Macgyver Season 2 Episode 6 "Jack Of Lies". Di film tersebut Macgyver menggunakan minuman anggur (red wine) yang disiramkan ke aki yang mati.

Try it !! It works !!

Macgyver Trik : Lampu pensil

Percobaan dan trik ala Macgyver berikut ini dapat dimanfaatkan sebagai alat bantu pencahayaan jika terjadi mogok pada kendaraan mobil di malam hari dan tidak memiliki lampu senter

Sediakan selalu sebatang pensil, kabel apapun (listrik, audio, telepon) dan pisau lipat Swiss Army di mobil para blogger.



Caranya :
  • Belah pensil menjadi dua bagian.

  • Ambil bagian tengah pensil berwarna hitam.

  • Patahkan kurang lebih 3-4 cm.

  • Sambung kabel pada masing-masing ujung potongan pensil.

  • Pasang kabel pada kutub positif dan negatif aki mobil.

  • Tak lama kemudian potongan pensil akan menyala cahaya terang yang setara dengan lampu senter.

  • Potongan pensil sepanjang 3-4 cm bisa menyala terang kurang lebih 4-5 menit.

Lebih lengkapnya lihat video berikut,

Lampu dari sebatang pensil

Pelajaran berharga dari seorang tokoh film Macgyver

  1. Eng : There's nothing you can't do if you have a Swiss Army Knife, a roll of duct tape, and your wits.
    Ind : Tidak ada yang tidak dapat kamu lakukan jika kamu mempunyai pisau lipat Swiss Army, isolasi plastik dan keberanianmu.
  2. Eng : Beware of beautiful women who take a sudden interest in you.
    Ind : Berhati-hatilah terhadap wanita cantik yang tiba-tiba tertarik dengan kamu.
  3. Eng : Always dress both stylishly and comfortably. Be aware of the kind of shirt you have on.
    Ind : Selalu kenakan pakaian yang modis dan nyaman. Pilih bahan pakaian yang nyaman dipakai.
  4. Eng : Nice guys don't always finish last.
    Ind : Orang yang baik tidak selesai paling akhir.
  5. Eng : Any problem can be solved with a little ingenuity.
    Ind : Segala permasalahan dapat diselesaikan dengan sedikit kecerdasan/kepandaian.
  6. Eng : One person can make a difference.
    Ind : Satu orang dapat membuat perbedaan.
  7. Eng : Never underestimate the power of chocolate.
    Ind : Jangan meremehkan kekuatan dari coklat.
  8. Eng : The most important tool for survival isn't duct tape or a Swiss Army Knife, it's your wits. Always keep them about you.
    Ind : Peralatan paling penting untuk tetap bertahan didalam situasi apapun bukanlah sebuah pisau lipat Swiss Army atau isolasi, melainkan keberanianmu. Simpan selalu keberanian itu dalam dirimu.
  9. Eng : It's okay to say "ow" when you get hurt.
    Ind : Tidak apa-apa kamu mengatakan `Oow...!` saat kamu kesakitan.
  10. Eng : Friends are the adventures of life.
    Ind : Teman adalah petualangan hidupmu.
  11. Eng : We're all going to die; the trick is not to rush it.
    Ind : Kita semua pasti akan mati. Janganlah sesekali mengacaukan hidupmu.
  12. Eng : You can do anything you wanna do it if you put your mind to it.
    Ind : Kamu bisa melalukan apapun yang kamu inginkan jika kamu menaruhnya dalam pikiranmu.
  13. Eng : If you got something to say, you should say it or it's just gonna tear you up inside.
    Ind : Jika kamu memiliki sesuatu yang ingin kamu katakan, katakanlah, atau itu semua akan menjadi beban dalam dirimu.
  14. Eng : How you look at the world depends on where you are.
    Ind : Bagaimana kamu melihat sebuah dunia itu tergantung kamu berada saat itu.
  15. Eng : Sugar cubes are a great source of energy.
    Ind : Gula balok adalah sumber energi yang terbaik.

Sekilas tentang tokoh MacGyver

Hai para blogger, masih ingat film era tahun 85 an yang menceritakan tokoh pahlawan yang selalu mengandalkan akal dan kecerdasan pikirannya dalam menghadapi musuh dan segala kondisi ? Para blogger tentu ingat nama Macgyver. Yaa.., Macgyver ini seorang tokoh film yang selalu menggunakan atau memanfaatkan peralatan yang ia temukan ditempat kejadian dimana ia ditahan atau dikejar oleh penjahat. Dengan segala pengetahuan sains yang ia miliki, ia kreatif dan pandai memadukan segala peralatan atau bahan-bahan yang ia temukan menjadi sebuah senjata atau alat yang baru. Peralatan yang selalu ia bawa adalah pisau lipat Swiss Army dan isolasi tahan air dan api (duct tape) sebagai peralatan bantu yang wajib ia bawa untuk pertahanan dirinya. Ia tidak menyukai senjata api maupun tajam. Ia juga setia kepada teman-temannya, low profile dan sangat dibutuhkan oleh teman-temannya akan bantuannya.